August 2, 2021

Olahan Nasi Khas Sunda yang Bisa Anda Santap dalam Fine Dining

Fine dining di sky lounge Bandung biasanya identik dengan makanan-makanan Barat seperti steak. Akan tetapi, sejumlah restoran kini sudah menawarkan menu-menu kuliner khas Sunda yang disulap jadi sajian hotel bintang lima. Kendati begitu, rasa yang bakal dicicipi tak berubah, sehingga tak akan mengecewakan Anda yang menyukai makanan dari daerah tersebut.

Supaya tak salah pilih, berikut lima jenis olahan nasi khas Tanah Parahyangan yang bisa Anda pesan.

  • Nasi timbel

Disitat dari Buku Wisata Parijs Java karya Her Suganda, nasi timbel menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Adapun lauk yang disajikan sebagai pelengkap mencakup ayam goreng atau bakar, ikan asin, sambal, dan lalapan. Ada juga yang menambahkan tahu dan tempe sebagai sumber protein.

  • Nasi liwet

Berbeda dari nasi timbel, nasi liwet cenderung sulit Anda temukan di restoran karena lebih sering dibuat di rumah. Hal ini disebabkan nasi liwet masih menggunakan alat masak bernama sampolo, panci masak nan tebal dari alumunium untuk mengolahnya. Namun, sejumlah restoran Sunda berhasil membawa konsep lebih modern untuk nasi liwet agar bisa Anda nikmati.

  • Nasi tutug oncom

Berasal dari Tasikmalaya, nasi tutug oncom adalah hidangan yang mencampurkan nasi putih dengan oncom hitam. Oncom yang digunakan dalam hidangan ini pun akan dimasak dan dihancurkan (ditutug) sebelum diaduk bersama nasi putih. Sejumlah lauk yang digunakan untuk melengkapi nasi tutug oncom mencakup ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, sambal, dan lalapan.

  • Nasi bakar

Bosan makan nasi goreng? Nasi bakar adalah variasi unik dan tak kalah lezat yang bisa Anda jumpai dalam kuliner khas Sunda. Dalam pembuatannya, makanan ini mencampurkan nasi putih dengan ikan teri atau tongkol pedas untuk kemudian ditambahkan daun kemangi. Kemudian, nasi dibungkus dalam daun pisang dan dibakar memakai bara panas.

  • Nasi cikur

Menurut masyarakat Sunda, nasi cikur adalah nasi yang dibuat memakai bumbu berbahan bawang merah, bawang puth, kencur, garam, dan terasi. Bumbu inilah yang membuat nasi cikur kaya akan rasa dan aroma. Anda dapat menambahkan lauk seperti telur dadar, ikan asin, atau orek tempe supaya teksturnya semakin melimpah.

  • Nasi jamblang

Terakhir, ada nasi jamblang yang berasal dari Cirebon. Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah pemakaian daun jati alih-alih daun pisang sebagai pembungkusnya. Sementara jenis lauk yang dipakai untuk nasi jamblang tak jauh berbeda dari olahan nasi lain. Antara lain ayam goreng, tempe, telur dadar, hingga sambal.

Karena biasa disajikan dalam satu set menu, appetizer dan dessert yang menemani olahan nasi pun bakal berasal dari kuliner Sunda. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *