October 25, 2021

Nyeri Haid Muncul dan Menyakitkan, Apa Penyebabnya? 

Bisa dikatakan jika wanita sudah sangat familiar dengan nyeri haid atau dismenorea. Ya, gangguan tubuh ini memang kerap sekali muncul ketika waktu haid, terutama di hari-hari awal. Meskipun demikian, nyeri yang muncul tentu saja sangat mengganggu hingga wanita yang merasakannya tidak bisa beraktivitas normal.

Perlu diketahui bahwa dismenorea tidak lantas disebabkan oleh menstruasi semata. Ada beberapa sebab lain yang perlu diketahui agar Anda bisa memastikan jika nyeri yang muncul bukan merupakan gangguan kesehatan yang parah.

Lantas, apa saja penyebab dari masalah dismenorea tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

  • Kontraksi otot pada rahim

Terjadinya dismenorea yang menyakitkan bisa disebabkan karena adanya kontraksi pada otot rahim. Ketika menstruasi terjadi, maka otot rahim tersebut akan cenderung berkontraksi dengan lebih kencang. Hal ini dimaksudkan untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi.

Saat terjadinya kontraksi, maka pembuluh darah di sekitar rahim akan tertekan dan memutus suplai darah serta oksigen. Hal inilah yang membuat rahim memberikan respons dengan mengeluarkan rasa nyeri.

  • Adanya penyakit tertentu

Nyeri yang terjadi saat haid juga bisa disebabkan adanya penyakit tertentu. Nah, kondisi ini sering disebut dengan istilah dismenorea sekunder. Kondisi nyeri haidini tentu harus menjadi perhatian karena jika tidak diatasi dengan serius, maka penyakit yang terjadi bisa saja bertambah parah.

Beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan nyeri pada saat haid salah satunya adalah radang panggul. Selain itu, adanya tumor di dinding rahim yang tidak bersifat kanker serta efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi juga menyebabkan masalah ini.

Perlu diketahui bahwa dismenorea sekunder ini seringkali tidak hanya ditandai dengan nyeri saja. Beberapa tanda lain seperti keputihan yang kental dan berbau ataupun pendarahan yang terjadi saat menstruasi juga menjadi tanda yang harus diperhatikan.

Nah, beberapa hal di atas adalah sebab dari masalah nyeri haid yang perlu diketahui. Tentu, dengan mengetahui masalah tersebut nantinya Anda bisa melakukan penanganan yang tepat. Jika nyeri terlalu menyiksa dan tidak kunjung hilang, segera periksa ke dokter.

Deskripsi: nyeri haid adalah salah satu masalah umum yang dirasakan wanita. Hanya saja, ada beberapa penyebab masalah ini yang perlu diketahui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *