December 4, 2021

Mengulas Faktor Penyebab Serta Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Herbal

Penyakit yang berhubungan dengan pencernaan jenisnya tergolong cukup banyak, diantaranya adalah GERD atau yang dikenal juga sebagai penyakit asam lambung. Tentunya banyak diantara Kamu yang sudah tidak asing lagi dengan kondisi semacam ini bukan. 

Asam lambung naik ini dapat dikenali dari beberapa gejalanya, diantaranya adalah sensasi panas seperti terbakar di ulu hati, mual hingga terkadang muntah sampai dengan sesak di dada. Gejalanya sendiri tergantung pada tingkat keparahan dari asam lambung yang Kamu derita tersebut.

Penyakit yang satu ini memang sering kali dirasakan oleh masyarakat. Namun kebanyakan diantaranya menyepelekan hal tersebut karena memang dianggap bukan masalah kesehatan yang serius. Padahal sebenarnya jika kondisi tersebut terjadi dalam jangka waktu lama maka akan sangat membahayakan, tak jarang menyebabkan luka atau bahkan iritasi di bagian kerongkongan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik tersebut, diantaranya adalah:

  1. Penyakit-penyakit tertentu, beberapa kondisi medis memang memiliki gejala yang menyebabkan asam lambung naik, sebut saja diantaranya adalah radang kerongkongan, radang lambung sampai dengan perlambatan gerakan lambung.
  2. Kelainan bawaan yang terjadi pada lambung, misalnya adalah hernia hiatus.
  3. Obesitas, orang-orang yang kelebihan berat badan juga rentan untuk terkena GERD.
  4. Infeksi bakteri H.pylori.
  5. Kebiasaan merokok maupun terpapar oleh asap rokok.
  6. Efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu.
  7. Konsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang memang dapat memicu asam lambung, seperti diantaranya adalah makanan pedas, asam, berlemak dan sejenisnya.

Mengatasi asam lambung naik bisa dengan bahan-bahan herbal, berikut ini diantaranya beberapa bahan herbal yang dapat Kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit asam lambung atau GERD tersebut, diantaranya adalah:

  1. Jahe, jahe ini termasuk rempah yang sudah sejak lama dikenal kaya akan kandungan bermanfaat, karena kaya akan senyawa antioksidan ia juga bersifat antibakteri serta anti peradangan yang mampu untuk mengatasi gangguan lambung seperti mual, perut kembung sampai dengan mengobati gejala GERD.
  2. Akar manis, selain jahe maka atau licorice atau yang dikenal juga sebagai akar manis, bahan herbal yang satu ini bersifat antioksidan serta antiradang. Bahan ini bagus untuk meredakan nyeri yang terjadi pada ulu hati. Ia juga dapat mengurangi terjadinya pembengkakan sampai dengan peradangan yang disebabkan oleh asam lambung tersebut.
  3. Akar marshmallow, herbal yang satu ini juga mengandung berbagai jenis zat yang dapat membantu untuk meredakan batuk, serta menyembuhkan luka yang ada pada lambung sampai dengan kerongkongan. Akar marshmallow ini memang dikenal sangat baik untuk atasi berbagai jenis gangguan pencernaan.
  4. Teh chamomile, sejak dulu chamomile menjadi bahan herbal yang dikenal bagus untuk kesehatan, mulai diantaranya adalah menenangkan pikiran, mengatasi gangguan tidur atau kecemasan sampai dengan berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan juga. Efektifitasnya sangat bagus untuk atasi gangguan pencernaan, maag hingga asam lambung atau GERD tersebut. Dapat diseduh dengan air panas dan sedikit madu.

Itulah sedikit tips mengatasi asam lambung naik menggunakan bahan-bahan herbal. Selain dengan bahan-bahan herbal tersebut sebenarnya juga ada obat yang cepat bantu atasi asam lambung, seperti dari Promag. 

Tentunya tak asing lagi dengan nama yang satu ini bukan. Obat maag yang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi gangguan lambung, bekerja secara cepat untuk menurunkan asam lambung dalam perut juga mengeluarkan gas berlebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *