December 3, 2022

Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Mencetak dengan RGB?

Perbedaan cara kerja CMYK dan RGB menyimpulkan bahwa mode warna CMYK lebih baik kamu gunakan daripada RGB. Kenapa demikian? Berikut adalah ulasannya. Sebelumnya kamu harus mengetahui apa perbedaab dari CMYK dan RGB itu sendiri. 

Perbedaan Mode Warna CMYK dan RGB

CMYK dan RGB adalah dua komponen penting dalam mode warna. Kedua komponen tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah perbedaannya.

  • Mode Warna CMYK

Warna CMYK adalah kependekatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Mode warna CMYK lebih sering digunakan untuk mendesain sesuatu yang nantinya ditampikan ke media cetak. Jika warna CMYK dicampurkan menjadi satu maka akan menghasilkan warna hitam.

  • Mode Warna RGB

Warna RGB adalah kependekan dari Red, Green dan Blue. RGB lebih sering digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor, seperti televise, computer dan lainnya.

Apabila warna RGB dicampur menjadi satu maka warna ynag dihasilkan adalah putih. System RGB bekerja melalui penambahan warna (additive colors). Sebagai contoh, layar computer awalnya hitam. Namun saat ditambahkan warna digital, ia akan semakin terang dan semakin berwarna putih. Hal ini berbeda dengan system warna CMYK. Ia bekerja melalui pengurangan warna (subtractive colors). Dasar kertas adalah putih, ketika kamu mencetak warna terang, printer akan menambahkan warna terang. Namun semakin kamu menambahkan warna, corak yang muncul justru semakin gelap, akhirnya warna akan mendekati warna gelap. Itulah alasannya mengapa kamu harus menggunakan skema CMYK.

Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Mencetak dengan RGB?

Jika kamu mencetak dengan RGB, hasil cetakannya akan menjadi gelap. Perlu diingat, RGB adalah warna ynag seharusnya dilihat bersama cahaya. Misalnya dalam layar computer, HP atau televise. Hal inilah ynag menjadi alasan di balik gelapnya hasil cetak RGB. Kamu tidak akan mempunyai cahaya tambahan saat melihat kertas. Nah, saat mendesain, kamu tentunya menggunakan aplikasi. Secara otomatis, kamu akan melihat warna di computer yang bersistem RGB.

Itulah ulasan singkat kenapa kamu sebaiknya tidak menggunakan mode warna RGB untuk mencetak hasil karya desainmu. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *