December 3, 2022

Istilah – istilah Penting Dalam Asuransi yang Harus Dipahami

Produk keuangan yang berperan sebagai perlindungan, yaitu asuransi, semakin diminati oleh masyarakat. Tidak hanya asuransi tradisional yang memberikan manfaat perlindungan murni seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saja, tetapi asuransi yang memberi manfaat investasi seperti asuransi investasi unit link juga banyak diminati. Meskipun begitu, bukan berarti semua orang sudah paham mengenai prroduk perlindungan ini, karena kenyataannya masih banyak juga yang merasa bingung. Apalagi dengan berbagai istilah yang umum digunakan dalam dunia asuransi.

Nah, jika Anda termasuk di antaranya, tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan informasi mengenai istilah-istilah tersebut, di antaranya:

  • Polis 

Alat bukti tertulis / dokumen perjanjian yang berisikan hak dan kewajiban antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Dalam hal ini, setiap nasabah yang akan membeli asuransi harus memahami dan teliti mengenai isi polis yang diterima agar tidak terjadi kesalahpahaman. Semua hal yang tercantum dalam polis akan menjadi dasar hukum bagi perusahaan asuransi maupun nasabah.

  • Uang pertanggungan

Uang merupakan dana atau santunan yang akan dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi kepada penerima manfaat atas segala risiko yang sudah dijamin dalam polis asuransi yang sudah disepakati sebelumnya. Misalnya pada asuransi jiwa, uang pertanggungan akan diberikan pada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia, atau pada asuransi kesehatan uang pertanggungan berupa biaya pengobatan saat pemegang polis menderita suatu penyakit.

  • Masa tunggu

Merupakan periode yang mana harus dilalui oleh pihak pemegang polis / nasabah sebelum bisa melakukan klaim atas manfaat asuransi yang dimiliki. Ini berlaku pada asuransi jiwa maupun kesehatan yang tercantum di dalam polis asuransinya.

  • Cuti premi

Sebagai fitur / fasilitas layanan yang hanya terdapat pada produk asuransi unit link saja, cuti premi ini sendiri bisa saja digunakan oleh nasabah untuk berhenti sementara waktu membayar premi dalam periode waktu tertentu. Ini bisa saja dilakukan jika nilai tunai yang terbentuk dari investasi sudah cukup untuk membayar biaya asuransi.

  • Asuransi tambahan / rider 

Rider merupakan asuransi tambahan yang akan menempel pada asuransi induk atau asuransi utama. Misalnya saja asuransi penyakit kritis, merupakan rider dari asuransi jiwa, atau asuransi banjir yang menempel pada asuransi kendaraan bermotor.

  • Pengecualian

Merupakan risiko yang tidak ditanggung dalam manfaat asuransi seperti misalnya ketika terjadi risiko terjadi saat atau akibat melanggar hukum (penggunaan narkotika, obat – obatan terlarang dan lain – lain.

  • Waiver premium 

Istilah ini sering kali dipakai lantaran berguna untuk membebaskan pihak tertanggung utama dari masalah pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh ketika nasabah terkena risiko penyakit cacat tetap / total, kematian dan lain sebagainya.

  • Interim Cover

Manfaat asuransi yang hadir dengan memberikan dana santunan atas risiko meninggal dunia akibat kecelakaan. Biasanya, manfaat ini akan dibayarkan kepada calon tertanggung pada periode pengajuan sampai dengan tanggal penerbitan polis dilakukan.

Itulah tadi berbagai macam istilah penting yang perlu Anda perhatikan dan pahami ketika akan membeli produk asuransi. Dengan memahami berbagai istilah tersebut, Anda akan lebih mudah dalam memahami produk asuransi yang akan dibeli nanti.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *