October 7, 2022

Ciri Khas Rumah Industrial Yang Wajib Diketahui

Konsep rumah industrial banyak diaplikasikan untuk rumah kekinian, terutama di kalangan milenial. Rumah industrial sendiri memiliki ciri khas yaitu struktur rumah yang dibiarkan tanpa finishing. Desainnya sendiri terinspirasi dengan konsep pabrik dengan material ekspos yang dibuat seperti tidak selesai.

Namun tidak perlu khawatir, karena meskipun rumahnya terlihat seperti hanya menggunakan bahan bangunan tanpa dipoles, tetap saja hunian seperti ini layak dan nyaman untuk ditempati. Dan disukai oleh orang-orang tentu karena karakternya yang kuat.

Ciri Khas Rumah Industrial

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan konsep yang sama, ketahui terlebih dahulu apa saja ciri khas dari rumah industrial.

1.     Dinding Bata

Elemen yang sangat kental pertama kali bisa Anda lihat pada rumah industrial adalah penggunaan dinding bata yang dibiarkan tanpa dilapisi semen, apalagi cat tembok. Tembak seperti ini disebut dengan bata ekspos, di mana batu bata di dinding dibiarkan terbuka sesuai dengan warna aslinya.

Selain dibiarkan sesuai warna aslinya biasanya bahan bangunan batu bata seperti ini juga banyak dicat dengan warna netral seperti warna putih, untuk membuat kesan industrial yang semakin kuat.

2.     Lantai Dasar Beton

Tidak hanya pada dindingnya saja yang menggunakan kesan unfinished. Lantai dasar rumah industrial biasanya mengusung konsep dengan material beton ekspos. Namun sebagian orang juga bisa memanfaatkan lantai keramik dengan motif yang lebih natural. Misalnya jika ingin menambahkan motif kayu pada lantai juga bisa.

Namun untuk kesan industrial yang lebih melekat, maka lebih banyak orang memilih menggunakan bahan beton ekspos. Tentu saja meski lantainya memiliki warna asli beton, tapi tetap nyaman untuk ditempati.

3.     Konsep Open Space

Berikutnya rumah industrial juga lekat dengan konsep ruangan tanpa sekat alias open space. Ruangan dibiarkan terbuka bukan tanpa alasan, karena ingin mengesankan ruangan tanpa batas.

Pada ruangan open space ini, biasanya Anda bisa menemukan langit-langit rumah yang dibiarkan perlihatkan pipa udara hingga penyangga. Tenang saja, karena Anda tidak akan melihat penampakan yang sumpek pada penampang pipa ataupun kabel-kabel. Justru estetik karena biasanya ditambah dengan berbagai ornamen pendukung, seperti lampu-lampu gantung atau jendela besar.

4.     Pencahayaan Alami

Dari sisi pencahayaan, Anda juga bisa menemukan rumah industrial yang mengutamakan pencahayaan alami. Tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan kesan industrial tapi juga dapat menghemat energi. Lalu bagaimana untuk cahaya yang didapatkan pada malam hari?

Rumah industrial biasanya memanfaatkan cahaya yang berasal dari lampu gantung. Bahkan lampu gantung panjang biasanya jadi elemen utama yang wajib hadir pada rumah bergaya industrial. Biasanya lampu gantung ini menggunakan material dari besi, tembaga hingga material baja.

5.     Furniture Antik

Sementara untuk penggunaan furniture, biasanya rumah dengan konsep industrial menggunakan gaya yang sama. Yaitu pemakaian furniture yang lebih menunjukkan warna aslinya seperti misalnya berbagai ornamen berbahan kayu.

Atau barang-barang antik yang dibuat dari material besi, aluminium dan stainless yang permukaannya tidak perlu dicat sama sekali. Semakin antik barangnya, seperti akan semakin terasa kuat kesan industrial pada ruangan tersebut.

Itu tadi beberapa ciri khas dari rumah dengan konsep industri yang wajib dipahami. Untuk membangun rumah industrial tentu saja Anda membutuhkan berbagai bahan bangunan yang berkualitas. Seperti misalnya jika anda ingin membutuhkan bantuan instan maka bisa mengandalkan SCG beton instan.

Beton instan saat ini lebih banyak dipilih untuk material bangunan rumah hingga proyek konstruksi karena produknya yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu lagi mencampur semen dengan pasir karena sudah ada beton instan yang hanya tinggal dicampur menggunakan tambahan air. Untuk bangunan rumah yang besar atau proyek konstruksi, bahkan Anda tidak perlu lagi menggunakan yang namanya truk mixer. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi https://scgcbm.id.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.