May 21, 2022

Cara Pemberian Susu Formula yang Tepat pada Anak Kurang Gizi

Status kurang gizi pada anak pasti akan membuat semua orang tua merasa galau dan cemas. Pada dasarnya memang pemenuhan gizi pada anak sangat penting untuk diperhatikan. Saat anak kekurangan gizi, maka orang tua bisa memberikan asupan menu dengan nutrisi seimbang. Selain itu dibutuhkan juga pemberian susu formula demi mendukung kebutuhan gizi anak.

Susu untuk Anak Kurang Gizi

Mudah saja bagi orang tua untuk memberikan gizi lengkap bagi si kecil selama anaknya memang mau menerima. Namun penting sekali untuk memperhatikan cara pemberian yang tepat agar anak tidak kelebihan asupan susu dan mengalami obesitas. Berikut adalah beberapa tips pemberian susu pada anak kurang gizi:

1.                 Konsultasikan Terlebih Dahulu

Prinsip pertama yang harus diperhatikan adalah harus ada rekomendasi atau saran dari dokter. Penting sekali untuk konsultasi dulu dengan dokter mengenai pemberian gizi tambahan seperti ini. Anak yang mengalami kekurangan gizi seharusnya mendapatkan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu. Perlu diperiksa seperti apa kondisi kesehatannya dan berapa banyak asupan kalori yang dibutuhkan.

2.                 Perhatikan Kandungan Nutrisi

Selanjutnya perhatikan kandungan nutrisi yang ada pada produk susu formula sebelum diberikan kepada anak. Ini juga poin yang sangat penting untuk dilakukan karena Anda tak bisa asal-asalan memberikan kalori dan nutrisi pada tubuh si kecil. Pastikan bahwa komposisinya lengkap, aman, dan sesuai dengan kebutuhan anak untuk bertumbuh optimal.

3.                 Sajikan dengan Cara yang Tepat

Ikuti petunjuk penyajian yang tertera pada kemasan. Banyak orang memilih untuk asal-asalan saja dan tidak mengikuti petunjuk penyajian. Padahal pada petunjuk penyajian tersebut sudah diperhitungkan secara akurat sesuai kebutuhan gizi si kecil sehingga tak akan berlebihan atau kurang.

4.                 Ikuti Aturan Dosis

Selalu patuhi aturan dosis pemberian yang sudah ada di kemasan produk. Biasanya setelah petunjuk penyajian ada aturan dosis yang harus dipatuhi. Ini juga penting untuk memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang lengkap sesuai kebutuhan. Tidak menerima dalam dosis lebih maupun kurang. Jangan membuat aturan dosis sendiri sehingga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh anak tidak sesuai kebutuhan.

5.                 Hindari Bahan Alergen

Setiap anak memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Pahami dulu apakah anak Anda memiliki kondisi alergi atau tidak, khususnya alergi terhadap bahan-bahan yang ada di dalam produk makanan. Misalnya, jika anak-anak alergi protein susu sapi maka bisa diganti dengan produk lain yang tidak mengandung bahan alergen tersebut.

 

Pemberian susu formula memang bisa secara efektif membantu anak mendapatkan gizi lengkap dan seimbang. Namun, pastikan konsumsinya tepat sesuai arahan yang sudah diberikan. Selain konsumsi susu, anak juga tetap harus mengonsumsi makanan padat dengan nutrisi seimbang agar kebutuhan gizi tercukupi dengan baik dan mendukung pertumbuhannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.