December 4, 2021

Cara Membuat Oralit yang Benar untuk Cegah Resiko Dehidrasi dan Komplikasinya Pada Pasien Diare

Berbicara mengenai penyakit diare, gangguan kesehatan yang satu ini memang rentan dialami oleh siapa saja, apalagi mereka dengan pola makan yang tidak sehat, juga kurangnya menjaga kebersihan. Bagaimanapun penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini memang tidak bisa diremehkan. 

Meskipun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir angka kematian yang disebabkan oleh penyakit diare mengalami penurunan, namun tidak menutup kemungkinan nantinya hal tersebut akan tetap berdampak fatal bagi penderitanya. Apalagi jika seandainya tak mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Pastinya banyak juga diantara Anda yang sudah tidak asing bahwa memang diare ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi bukan. Kondisi yang juga dikenal sebagai kekurangan cairan tubuh. 

Dehidrasi ini bisa terjadi karena memang cairan terus-menerus dibuang ketika pasien diare buang air besar, jadi jika seandainya tidak ditunjang dengan kebiasaan mengonsumsi cairan secara cukup maka bisa sangat berbahaya.

 

Dehidrasi berat nyatanya rentan untuk menyebabkan beberapa macam resiko berikut ini, yaitu:

  1. Kejang, dehidrasi akan membuat kadar elektrolit dalam tubuh menjadi turun atau tidak seimbang. Sehingga hal ini juga otomatis akan membuat tubuh Anda mengalami kejang-kejang. Tidak menutup kemungkinan juga nantinya penderita akan kehilangan kesadaran mereka.
  2. Cedera yang disebabkan oleh cuaca panas, karena tubuh banyak mengeluarkan cairan pada saat buang air besar, namun tak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup maka, resiko cedera yang disebabkan oleh sengatan matahari juga tinggi.
  3. Gangguan pada ginjal, dehidrasi berulang atau yang terjadi dalam jangka waktu panjang tanpa ditangani oleh dokter, nantinya akan menyebabkan resiko masalah pada ginjal. Mulai dari batu ginjal, infeksi saluran kemih sampai dengan gagal ginjal.
  4. Syok hipovolemik, hal ini dapat terjadi karena tekanan darah dan juga kadar oksigen menurun, mengingat volume darah juga mengalami penurunan. Tentunya ini menjadi hal berbahaya yang beresiko untuk mengancam jiwa Anda.

Untuk itu solusinya adalah dengan meningkatkan konsumsi air putih untuk menghidrasi tubuh. Anda juga dapat menunjangnya dengan konsumsi oralit guna stabilkan kembali kadar elektrolit tubuh yang hilang. Lalu bagaimana cara membuat oralit yang benar, bukan hal yang sulit, berikut ini diantara panduan mudahnya, yaitu:

  1. Pastikan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, hal ini digunakan untuk memastikan tidak ada bakteri yang menempel di tangan dan justru beresiko mengkontaminasi oralit yang dibuat tersebut.
  2. Siapkan bahan-bahannya, mulai dari setengah sendok teh garam, 8 sendok teh gula pasir dan 1 liter air putih.
  3. Rebus terlebih dahulu air tersebut untuk memastikan bahwa ia matang dengan sempurna, juga memastikan tidak ada bakteri atau parasit lainnya yang akan mengkontaminasi air tersebut. 
  4. Setelah air rebusan mendidih maka bisa mulai mencampurkan bahan-bahan yang ada sampai benar-benar larut. Sehingga jangan lupa Anda untuk mengaduk-aduknya hingga merata.
  5. Tunggu hingga dingin kemudian bisa langsung dikonsumsi.

Itulah cara membuat oralit yang benar, tentunya sangat mudah bukan. Namun seandainya Anda ingin yang lebih praktis sekarang ini juga sudah tersedia produk oralit bubukan siap pakai yang dijual di apotek. Selain dengan konsumsi oralit, tunjang juga dengan pemakaian obat untuk segera redakan diare. 

Kamu juga bisa menemukan berbagai macam info atau tips menarik yang berkaitan dengan diare pada website diarepedia, saya sendiri juga dapat menuliskan artikel yang di atas mengenai cara untuk membuat oralit dengan membaca artikel dari website tersebut.

Selain saya dapat menuliskan artikel seperti di atas membaca informasi atau tips yang ada pada website diarepedia ini membuat saya jadi lebih banyak tahu mengenai cara untuk mencegah dan mengobati penyakit diare untuk saya dan juga keluarga.

Karena saya tidak ingin mendapatkan informasi berguna sendirian oleh sebab itulah saya menuliskan artikel ini untuk sekedar berbagi informasi yang sangat berguna bagi saya dan juga mengajak kamu semua untuk mendapatkan informasi yang sama tentunya. Dan sampai disini dulu pertemuan kita di artikel yang membahas mengenai cara untuk membuat oralit, dan sampai jumpa di lain kesempatan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *