December 3, 2022

Canggung Saat Bertemu dengan Agen Asuransi? Simak Tipsnya Berikut Ini

Memilih ragam produk asuransi jiwa yang bagus memang tidaklah mudah. Dibutuhkan ketelitian serta proses yang panjang sebelum akhirnya memutuskan memilih produk asuransi terbaik. Apalagi, jika Anda tidak mengenal produk asuransi sebelumnya, tentu Anda membutuhkan seseorang yang ahli di bidang asuransi untuk bisa menjelaskan seputar produk asuransi. Nah, salah satu orang yang tepat untuk Anda mintai bantuan adalah agen asuransi.

Meski agen asuransi dapat memberikan informasi terkait asuransi, tapi tidak jarang beberapa orang merasa canggung untuk bertemu dengan para agen karena takut diberikan produk yang kurang sesuai dengan kemampuan.

Tenang saja, sebelum berdiskusi dengan agen asuransi, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut dari situs QM Financial:

  • Pahami tujuan membeli asuransi

Pahami terlebih dahulu tujuan Anda membeli produk asuransi, misalnya asuransi jiwa. Dengan memahaminya, tentu akan membantu Anda menyusun sejumlah pertanyaan yang harus ditanyakan pada agen asuransi. Jika tidak tahu tujuan pembelian produk asuransi, ditakutkan nanti Anda malah bisa salah memilih produk asuransi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sebab, hal itu bisa mempengaruhi keputusan Anda dalam memilih besaran premi yang harus dibayarkan, besaran pertanggungan, jumlah tanggungan, hingga manfaat yang diberikan.

  • Terbuka dengan kondisi keuangan

Saat Anda berdiskusi dengan agen asuransi, usahakan untuk tetap terbuka dan jujur soal kondisi keuangan yang saat ini sedang Anda alami. Dengan berdiskusi secara gamblang, agen asuransi akan membantu Anda memprioritaskan jenis perlindungan yang dibutuhkan serta memberikan langkah yang tepat untuk menghindari hal-hal yang dapat menggagalkan klaim asuransi di masa mendatang.

  • Miliki mental tidak malu bertanya

Agar penjelasan yang diberikan dapat sesuai dengan yang diharapkan, Anda sendiri harus memiliki mental untuk tidak malu dalam bertanya. Umumnya, rasa canggung yang dirasakan saat bertemu dengan agen asuransi akan membuat Anda enggan melontarkan sejumlah pertanyaan dan hanya bertanya beberapa hal yang dirasa penting. Untuk mengatasi hal ini, buatlah daftar pertanyaan yang bisa Anda simpan di gawai Anda agar pertanyaan yang ingin ditanyakan tidak terlewat.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda persiapkan sebelum bertemu dan berdiskusi dengan agen asuransi. Usahakan untuk membaca dan memahami terlebih dahulu seputar produk asuransi pilihan Anda, ya. Misalnya saja, produk asuransi dari PT FWD Insurance Indonesia yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Tujuannya agar penjelasan agen asuransi dapat lebih mudah dipahami. Selain itu, supaya tidak kaku pertemuan pun dapat dilakukan di kafe atau restoran dan ciptakan suasana obrolan yang nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *