December 3, 2022

4 Manfaat Menggunakan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Perusahaan

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengotomatiskan seluruh bagian utama dari bisnis mereka, seperti produksi, distribusi, penjualan, logistik, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, dan lainnya.

ERP merupakan software yang penting bagi perusahaan karena membantu menjalankan perencanaan sumber daya dengan menyatukan semua proses ke dalam satu sistem terpadu. Ini bentuk investasi di bidang IT untuk mendorong efisiensi kinerja dan pengembangan bisnis dengan cara mengurangi biaya operasional yang tidak perlu.

Perangkat lunak ini telah mengalami perkembangan seiring kemajuan teknologi internet. Sebelumnya, model perangkat lunak tradisional ERP menggunakan server klien fisik, namun kini telah tersedia aplikasi ERP cloud berbasis web yang dapat diakses secara fleksibel dari mana saja. 

Jenis ERP dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • ERP on-site yang membutuhkan instalasi langsung ke server fisik yang dikelola sendiri oleh perusahaan, di mana perusahaan harus memelihara perangkat lunak tersebut secara mandiri.
  • ERP cloud berbasis web yang memungkinkan perusahaan mengakses data dengan koneksi internet. Seluruh pemeliharaan dan pembaruan perangkat lunak dilakukan oleh penyedia software. Komputasi awan ini bisa berupa software as a service (SaaS), private cloud, maupun public cloud.
  • ERP hybrid yang merupakan kombinasi dari on-site dan cloud.

Enterprise Resource Planning merupakan pengembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP) dan Computer-Integrated Manufacturing (CIM), yang diperkenalkan oleh perusahaan riset dan analisis Gartner. Kini ERP tidak hanya digunakan untuk manufaktur, tetapi juga bisa dipakai untuk mengelola industri non-manufaktur dan jasa, organisasi nirlaba, dan lembaga pemerintah.

Sistem ERP memungkinkan setiap departemen memiliki sistem mereka sendiri yang dioptimalkan untuk pekerjaan spesifik, namun semua sistem terintegrasi dan dapat diakses melalui satu aplikasi berbasis web. Ini memungkinkan berbagai departemen untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Perusahaan menggunakan Enterprise Resource Planning untuk berbagai alasan, seperti memperluas bisnis, mengurangi biaya, dan meningkatkan operasi. 

Berikut ini empat keuntungan menggunakan ERP:

  • Data bisnis yang akurat dan terintegrasi

Perangkat lunak cloud ERP memudahkan perusahaan mengelola data tunggal dan real-time. Perubahan data di satu bagian, akan memengaruhi pencatatan di bagian terkait lainnya. Misalnya, bagian penjualan memperbarui data penambahan penjualan produk, maka otomatis persediaan di gudang juga berkurang, dan penerimaan akan tercatat di bagian keuangan.

Sinkronisasi proses di sejumlah departemen yang berhubungan ini membantu pekerjaan mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

  • Dasar pengambilan keputusan lebih baik

Data yang akurat dan real-time merupakan dasar pengambilan keputusan yang cepat dan kuat. Selain itu, ERP juga memungkinkan perencanaan lebih baik dengan fitur alat simulasi untuk membantu manajemen dalam mengelola sumber daya organisasi, dari SDM, alat produksi, hingga bahan baku.

Data yang akurat dan lengkap membantu perusahaan merencanakan, menganggarkan, dan mengomunikasikan kondisi operasional organisasi kepada pihak berkepentingan, seperti pemegang saham.

  • Lebih efisien dan produktif

ERP membantu membuat proses bisnis perusahaan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efisien. Perusahaan dapat menghemat biaya operasional yang tidak perlu, menghilangkan duplikasi data, dan menekan biaya proses bisnis. Selain biaya, sistem informasi terpadu ini juga menyingkat waktu sehingga karyawan lebih produktif.

ERP meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan. Selain itu, tugas kasar dan manual dihilangkan, sehingga memungkinkan karyawan mengalokasikan waktu mereka untuk pekerjaan yang lebih bermakna.

  • Mengembangkan etos kerja dengan standarisasi sistem

ERP memungkinkan perusahaan menjalankan proses yang terstruktur dan membangun standar operasional baku. Otomatisasi sistem yang efektif akan mendorong etos kerja karyawan, mengurangi kecurangan, dan meningkatkan daya saing perusahaan.

ERP memungkinkan kolaborasi antar-departemen dan memberikan akses cepat ke informasi yang dibutuhkan untuk klien, vendor, dan mitra bisnis. Sistem ini berkontribusi pada peningkatan respons terhadap pelanggan dan memberikan kepuasan kepada mereka.

Penggunaan ERP merupakan bagian dari transformasi digital di perusahaan yang mengubah budaya kerja perusahaan. Karena itu, agar berhasil membangun sistem informasi untuk perencanaan sumber daya ini, Anda membutuhkan karyawan yang tidak hanya terampil, tetapi juga melek digital.

Mekari Jurnal, Sistem ERP Berbasis Cloud Memudahkan Proses Akuntansi

Program akuntansi Mekari Jurnal adalah salah satu sistem ERP yang dapat Anda gunakan untuk menunjang kinerja perusahaan dalam hal pembuatan laporan keuangan.

Mekari Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan hingga membuat laporan keuangan secara instan di mana pun dan kapan pun, salah satunya dengan software akuntansi perusahaan jasa maupun software akuntansi perusahaan dagang.

Dengan memiliki laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi sekaligus menganalisa keuangan perusahaan. Dapatkan kemudahan mengelola keuangan untuk bisnis Anda sekarang melalui aplikasi catatan keuangan maupun aplikasi ERP Mekari Jurnal dengan free trial hingga 14 hari!

Melalui penjelasan di atas apakah Anda memahami apa itu ERP? Sistem ERP adalah sistem yang sangat membantu dan dapat mengembangkan kinerja perusahaan apa. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk tips lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *